Pengertian Website


Duh, dari judul postingan ini ada kesan penulis underestimate ya sama pembaca? Tapi bukan itu lho maksudnya. Pastilah diakui kita semua yang sering menjelajah ke dunia internet sudah memahami betul apa itu website. Namun, kurang baik rasanya kalau tutorial web ini tidak dimulai dengan mengetahui benda apa sih yang ditutorialkan ini. Selain itu, masih ada kemungkinan pembaca adalah orang yang baru pertama kali membuka internet, atau membuka internet karena pengen tahu arti sebuah website. Wah, pembelaannya terlalu banyak. Baiklah, langsung saja kita bahas definisi website itu terlebih dahulu.
Sebenarnya sangat banyak referensi yang bisa kita baca untuk sekedar mengetahui pengertian website, kalau malas baca buku, tinggal kita tanya saja Om Google ataupun tante Wiki (baca:wikipedia.red)(sebenarnya mereka sendiri termasuk sebuah website).
Saya akan coba mendefenisikan dengan bahasa saya sendiri. “WEBSITE

merupakan kumpulan halaman-halaman yang berisi informasi yang disimpan di internet yang bisa diakses atau dilihat melalui jaringan internet pada perangkat-perangkat yang bisa mengakses internet itu sendiri seperti komputer, HP, dsb.”Bagaimana cara menampilkan dan menampilkan halaman-halaman informasi itu?
Yang pertama dilakukan adalah membuat atau mendesain halaman web yang berisi informasi itu dengan menggunakan bahasa pemrograman web. Sebagai bayangan, anggap saja terlebih dulu halaman-halaman itu adalah kertas-kertas yang berisi informasi yang ingin kita tunjukkan kepada orang lain. Tapi, tidak seperti kertas biasa, halaman ini ditulis dengan bahasa pemrograman website. Adapun bahasa program itu antara lain HTML, PHP, XML, ASP, dll. Misalnya seperti ini, kita ingin menampilkan sebuah gambar pada halaman website itu. Kita tidak bisa menuliskan kata-kata dengan bahasa kita sehari-hari, meskipun dengan bahasa 1001 negara (halah..). Contoh:

“Please show this image”.

Jangan harap komputer akan mengerti kalimat Anda meskipun Anda menulis dengan grammer dan tenses yang tepat. Tapi kita cukup menulis dengan struktur seperti

<image src=”http://www.website-anda.com/fotoku.jpg/>

dan secara otomatis, pada halaman website Anda akan muncul gambar dengan nama fotoku dengan alamat (URL):” http://www.website-anda.com/fotoku.jpg”. Duh, apalagi tuh URL, kok bisa ada? Tenang, itu nanti kita bahas setelah ini. Untuk sementara Anda selesaikan dulu mebaca postingan ini sampai selesai.
Untuk membuat halaman-halaman website, sudah banyak software pendukung yang bisa kita gunakan, seperti Macromedia Dreamweaver dan Microsoft Frontpage. Sebenarnya di notepate juga bisa lho. Tapi..hiiiii…gak mau ahh..ngapain rumit-rumit, ya gak ..?he3x.
Nah, itu sekilas tentang dasar membuat halaman website. Lantas selanjutnya diapain, apa dikirim lewat pos? Tentu tidak. Halaman-halaman yang sudah kita buat tadi selanjutnya kita simpan pada jaringan sebuah penyedia layanan internet yang biasa disebut ISP (internet service provider) agar halaman-halaman kita bisa diakses atau dibuka oleh orang-orang diseluruh dunia melalui komputernya, HP, dsb, kapanpun dan dimanapun. Eh, gak deng..tapi ditempat yang bisa mengakses jaringan internet tentunya. Proses penyimpanan halaman website pada ISP itu sendiri biasa disebut hosting. Selain harus disimpan pada sebuah ISP, agar halaman website kita bisa diakses oleh orang lain, maka harus ada alamatnya. Alamat website tersebut biasa disebut domain. Ketika orang lain ingin melihat website Anda, maka cukup mengetikkan domain website Anda pada perangkat yang digunakannya. Untuk URL, hosting, dan domain sendiri akan kita bahas pada postingan selanjutnya. Jadi, jangan sungkan-sungkan untuk kembali lagi ya..;)
Saya rasa cukup sekian pengertian tentang arti website itu sendiri. Bagi pembaca yang mungkin baru pertama kali tahu dan kurang mengerti defenisi website tersebut, jangan sungkan-sungkan untuk terus bertanya. Dan bagi pembaca yang mungkin lebih tahu dan bisa menyampaikannya, silahkan berbagi di blog ini. Saya dengan senang hati mengharapkan partisipasi pembaca sekalian

About these ads
  1. #1 by Liburan ke Pulau Harapan on 21 April, 2014 - 2:42 am

    I’m not sure where you are getting your information,
    but good topic. I needs to spend some time learning more or
    understanding more. Thanks for excellent information I was looking for this information for my mission.

  2. #2 by Timbangan Digital on 30 November, 2012 - 7:13 pm

    Trims mas Eri, kita memang sedang belajar membuat web agar bisa mengelola website kantor kalau tim IT nya sedang berhalangan.

  3. #3 by yasir maulana on 18 April, 2012 - 2:31 am

    terimakasih infonya sangat bermanfaat sekali untuk saya

  4. #4 by bucek tidung on 17 April, 2012 - 12:31 pm

    Tengkyu atas pencerahannya ya,,…

  5. #5 by Edy Susanto on 7 February, 2012 - 12:25 pm

    sy sangat awam dg website… yg aku tahu, biaya bikin web bervariasi. sebenarnya selain biaya domain (membayar/membeli domain) dan biaya jasa, biaya apa lagi sih yg dibayar utk pembuatan sebuah website. satu lg ni (maaf pertanyaannya membosankan) berapa sih minimal biaya bikin web?

    mohon penjelasannya ya. aku tunggu.

    terima kasih…

  6. #6 by spypen sekodeng on 9 November, 2011 - 3:53 pm

    Hi there, You have done a great job. I will certainly digg it and in my view suggest to my friends. I am confident they will be benefited from this site.

  7. #7 by tanda on 8 November, 2011 - 2:05 am

    Magnificent site. Lots of useful information here. I?m sending it to some buddies ans additionally sharing in delicious. And certainly, thank you on your sweat!

  8. #8 by pulau tidung on 29 September, 2011 - 2:13 pm

    trim’s selama ini ane baru tau arti website…..hehehe

  9. #9 by acyim story on 23 September, 2011 - 3:32 am

    sma kya bloger yach

  10. #10 by komunitas bahari on 14 May, 2011 - 11:14 am

    makasih informasinya mas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 214 other followers

%d bloggers like this: