Cara Mengecek Apakah Antivirus Kita Bekerja


Jika anda ragu apakah antivirus di komputer anda bekerja atau tidak, kita bisa mengetest dengan menggunakan script yang disediakan oleh EICAR (European Institute for Computer Anti-virus Research).

Caranya adalah sebagai berikut :
1. Buka Notepad anda, lalu copy dan paste kode dibawah ini di notepad anda.

X5O!P%@AP[4\PZX54(P^)7CC)7}$EICAR-STANDARD-ANTIVIRUS-TEST-FILE!$H+H*


2. Teks yang dipaste harus dalam keadaan Horizontal.
3. Lalu Save As Notepad anda dengan ekstension .com, nama terserah anda.
Contoh : antiviruscheck.com
4. Jika beberapa saat setelah anda melakukan Save As file tersebut dan antivirus anda langsung mendeteksi sebagai virus maka antivirus anda berarti bekerja dengan baik.

Jangan takut file yang tadi kita buat tidak akan menginfeksi komputer kita walaupun terdeteksi oleh anti virus.
Text Code Yang Saya tuliskan diatas adalah Standard Text yang digunakan Oleh Para Developer Anti Virus Khususnya Oleh EICAR (European Institute for Computer Anti-virus Research).
EICAR sendiri merupakan badan yang fokus dalam bidang virus dan mereka menciptakan sebuah standarisasi terhadap antivirus.
Standarisasi ini digunakan untuk melihat reaksi antivirus ketika mendeteksi file yang dibuat oleh EICAR yaitu text file yang tadi kita buat dengan notepad.

  1. #1 by kusrul on 21 December, 2011 - 3:39 pm

    ngak bisa detek..

  2. #2 by suparman on 2 November, 2010 - 7:56 am

    Terima kasih mas atas informasi yang anda suguhkan …menarik dan berbobot…saya sering mendapat kendala dalam kerja bila computer saya kena virus..kadang dengan menggukan Avira saja tidak cukup dan saya combinekan dengan antivirus lokal kebetulan saya intrest dengan smadav pro
    apalagi donatenya juga murah itung-2 menghargai sipembuatnya…dan sebagai pembongkar filenya saya gunakan ansav tetapi tidak terekstrak dalam system windows..krn dari pengalaman avira dan smadav kalah unggul utk search..file demi file sedangkan ansav sebagai search enggine file…dan penghancurkan smadav pro dan avira register..sudah cukup mantap dan aman saya rasa. wassalam

  3. #4 by azhar on 22 March, 2010 - 12:09 am

    menurut saran anda, anti virus merek apakah (misal: avg, avira, avast, andsav, dll) yg paling bsa di andalkan untuk saya pakai saat ini, atas pendapatnya saya ucapkan trima kasih dan mohon jawabannya di kirim ke alamat e mail saya, skali lagi saya ucapkan terima kasih, mohon bantuannya

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 214 other followers

