1 CPU Komputer untuk 2 hingga 4 Monitor User


Satu PC untuk satu user dengan satu monitor dan keyboard dengan banyak user itu sudah biasa, dan bagaimana jika kita hanya mempunyai satu CPU komputer tapi yang menggunakannya banyak.
Pada saat kita sedang bekerja tentu kita tidak ingin diganggu oleh teman atau orang lain yang juga ingin menggunakan komputer,  nah hal ini sering sekali kita jumpai dikehidupan kita sehari hari, mungkin anda ingin membuat rental atau warnet kecil-kecilan, dengan dana yang terbatas  mungkin cara ini bisa dipergunakan, semoga artikel kali ini dapat membantu saudara yang mengalami hal tersebut atau dapat sebagai alternatif memaksimalkan komputer yang kita miliki di rumah sendiri,
Artrikel ini sering dikenal dengan PC Cloning, untuk membangun PC cloning ini dibutuhkan software tambahan namaya betwin yang pada dasarnya kerja dari software betwin ini memisahkan perangkat keras seperti VGA, keyboard dan mouse pada masing-masing user account di sistem operasi yang digunakan,

Dengan mengkloning 1 buah PC menjadi 2 komputer atau lebih dapat menghemat berbagai peralatan yang akan digunakan. Pada komputer client hanya terdapat Monitor, keyboard, mouse dan speaker (optional). Masing-masing client dapat melakukan aktifitas yang berbeda dengan keyboard dan mouse yang dimiliknya.

dengan sistem klonning dapat mengurangi biaya penambahan station komputer, sehingga akan mengurangi investasi dan memudahkan perawatan sistem operasi.Bahkan disetiap user dapat surfing di internet, akses website yang berbeda-beda melalui satu jaringan LAN, modem dengan satu line saja.

PC Clonning dapat menggunakan sistem operasi Windows 98, Windows Millenium, Windows 2000 dan Windows XP untuk host-nya, sedangkan untuk station cukup dengan beberapa hardware yang dimilikinya seperti monitor, mouse dan keyboard, dimana nantinya pada setiap station akan tampil sistem operasi yang dimiliki host serta software-software yang sama seperti yang ada pada host

Kelebihan
kelebihan Menggunakan Clonning melalui port USB ini adalah
·Investasi murah karena memanfaatkan komputer yang sudah ada tanpa harus membeli komputer baru dengan spek yang sama.

·Kinerja Komputer station sama persis dengan komputer host dan bisa digunakan untuk keperluan Multi Media (Film, Musik, game dan lain-lain).

·Sistem Security yang tinggi karena standard NT/2000/XP
·Installasi relatif mudah dan performance lebih stabil karena kloning menggunakan Hardware.

Cara instalasinya:

langkah pertama adalah,pastikan semua driver vga sudah terinstall,dan usahakan bahwa vga untuk host adalah primary, bisa disetting di bios motherboard anda, pasang semua kabel ke 3 client ini ke port VGA, jika anda menggunakan dual head pada vga pci-ex mungkin anda perlu konverter dvi to vga, setelah terpasang dengan baik dengan 1 monitor ke vga onboard sebagai host, 2 monitor ke pci-ex (port dvi dan vga), dan satu monitor ke pci vga, coba lakukan test dengan masuk ke display properties, di bagian tab setting akan muncul beberapa icon monitor, klik monitor yang belum aktif dan centang extend my windows desktop onto this monitor agar monitor tersebut aktif dan menampilkan tampilan windows, lakukan ke semua monitor,,agar ke 3 monitor client aktif semua.

Setelah semua monitor aktif dan menampilkan gambar latar windows, lakukan instalasi usb hub, pasang 1 usb hub, tunggu sampai usbhub itu dikenali dan tidak ada konflik di windows, setelah ok, pasang mouse usb,,tunggu agar terdeteksi dan lakukan ujicoba mouse tersebut berjalan dengan baik atau tidak, setelah berhasil,,install keyboard usb ke usb hub,,,tunggu terdekteksi dan uji coba keyboard itu, lakukan hal yang sama untuk 2 klien yang lain. Pada intinya tancapkan satu persatu usb device anda agar tidak bentrok, dan mudah penyelesaiannya kalau seandainya ada salah satu device yang tidak berjalan normal.

Periksa dan uji coba kembali group pc clone anda,,mulai dari host, semua monitor dan usb device (keyboard, mouse) aktif dan normal semua, setelah itu install betwin versi demo anda, (intinya,, pastikan semua VGA dan hardware usb anda aktif dan ok semua sebelum menginstall betwin).Dalam isntalasi betwin, gunakan fitur auto configuration untuk client, maka betwin akan otomatis mengatur distribusi hardware usb ke setiap clientnya, lakukan perintah betwin untuk menekan keyboarb dan mouse pada setiap client.

Betwin akan restart, jika konfigurasi anda benar,,maka ke empat(1 house, 3 client) monitor itu akan menampilkan status login pada tiap user.

·Jika anda belum membuat user login,, buatlah user login pada windows di computer host anda, 3 user lagi untuk ke tiga client betwin,,misalnya User1, User2 dan User3.

Setelah ke 3 user ini tercipta, konfigurasi user login anda dalam betwin, masukan user user tersebut untuk login betwin, isikan password dan otomatiskan login untuk masuk ke system. Restart PChost.

Jika berhasil 3 client anda akan masuk ke windows dengan user name yang berbeda beda, User1, User2 dan User3, untuk otomatis login pc host bisa menggunakan security admin software.

Setelah semua berjalan bagus, untuk amannya,,masuklah ke system restore windows dan create restore point. Karena setelah betwin di crack anda tidak bisa melakukan konfigurasi ulang betwin, jika dipaksa masuk ke menu konfigurasi betwin,,maka ke 3 client akan mati, untuk menghidupkannya harus install ulang software betwin kembali dan melakukan konfigurasi dari awal. Tetapi karena anda sudah melakukan create restore point, anda hanya perlu merestore windows ke point restore yang anda buat, setelah direkonfigurasi,

About these ads
  1. #1 by ERICK on 7 April, 2011 - 11:30 pm

    klo spsifksi dtail komptrx brpa Boss….
    Apk kinerjax bsa stbl ga lok di pke intrntn, (ga loyo)…
    Lok bsa jwbnx di krm ke anserick56@yahoo.com ya Boss, alx Q da rncna mau rkt komptr 3in1.
    Mohon bntuanx… Trims.

  2. #2 by Rumpoko hadi santoso on 1 February, 2011 - 6:31 am

    mau tanya nih! kalau untuk 20 s/d 40 user bisa gak ya! soalnya kalau untuk di sekolahan kan bisa lebih irit! speck untuk master/host nya harus gimana dan vga cardnya bagaimana trs apakah ada hardware tambahan dan software apakah berbeda!

  3. #3 by Rumpoko hadi santoso on 1 February, 2011 - 6:17 am

    Thank buanget saran ok!

  4. #4 by santoss on 24 December, 2010 - 1:16 pm

    1 cpu untuk 5 clien data flast disnya kok g keliatan di computer clien y…pertama komputer nyala data flas dis terlihat tpi agak berapa lama data flas disk ilang y?? padahal di tskbar ada tpi di my kom puter tdk terbaca…..oya, dikomputer induk terbaca cuma di komputer clien aja zg g terbaca???mohon bantuan nya???

  5. #5 by nanang on 21 December, 2010 - 7:41 pm

    mas, maaf nanya nih saya kan clone satu pc jadi dua monitor vga host pake on board tapi ketika dinstal semua termasuk pic expreess(radion/ati)setelah driver ati dinstall,vga on board yang hilang tidak dikenali padahal di BIOSnya dah diseting ….primari bagaimana solusinya?trim…

    • #6 by ipunk on 11 April, 2012 - 7:56 am

      secara oto matis on board akan mati jadi pindahkan aza ke pic express nya

  6. #7 by naziran on 5 November, 2010 - 8:27 am

    bantu gue belajar MySQL

  7. #8 by vrixus on 4 November, 2010 - 12:21 pm

    wah mantap mas…tapi spek komputer pasti harus tinggu ya,..atau memory aja yang harus tinggi

    • #9 by naziran on 5 November, 2010 - 8:32 am

      trima ksih ilmunya

  8. #10 by an_an on 18 May, 2010 - 12:20 pm

    mas ni saya lgi iseng mendirikan warnet dgn cara yang seperti mas tuturkan di atas. tapi masalahnya monitor seringkali tidak konek dgn cpu, atau mungki cuma satu or tiga komputer saja yang konek, itu kenapa ya mas??
    mohon penjelasannya, txs

  9. #11 by an_an on 18 May, 2010 - 12:18 pm

    mas ni lagi iseng mndirikan warnet dgn cara yang seperti mas tuturkan. cuma problemnya, seringkali komputer tdk konek dgn cpu. kadang yang konek cuma satu atau tiga aja. itu kenapa ya mas??
    mohon penjelasannya txs

  10. #12 by Iwan on 27 March, 2010 - 11:16 pm

    Ok mas tq ya, mudah-mudahan aja bermanfaat ilmunya

    • #13 by eritristiyanto on 28 March, 2010 - 12:04 am

      siiippp…tq dah mau mampir…

      • #14 by naziran on 5 November, 2010 - 8:43 am

        mas aku lg buat repart / otput bagai mana mendekar combo box 1. lali harus di baca pada cristar repaort

    • #15 by machfud on 3 April, 2012 - 4:15 pm

      wah,…makasih yah mas ats ilmunya,..

  1. Check us out.
  2. Site Vital is a resource for PHP clone scripts, where all products cost only 19.95$
  3. Audio Works
1 2 3

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 214 other followers

%d bloggers like this: