Cara Praktis Stem Gitar…


Cara Praktis Stem GitarMenyetem senar secara akurat pada gitar yang kita miliki sangatlah penting. Tentu saja, kita akan kesulitan saat memainkan komposisi musik jika gitar yang kita mainkan fals atau sumbang. Selain kurang enak didengar, hal ini juga akan membuat kita menjadi kurang peka terhadap nada. Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk membantu kita menyetem gitar. Steman yang standar (440) pada gitar haruslah disesuaikan dengan membandingkan dengan peralatan stem yang kuat dan presisi. Misalnya tuner, garpu stem, pitch pipe, atau bisa juga dengan menyamakan nada dengan alat instrumen seperti piano atau keyboard. Tetapi, jika kita sudah terbiasa, feeling pendengaran kita bisa menjadi alat stem yang diandalkan.

Stem Dengan Alat Elektronik Tuner.
Tuner sangatlah membantu bagi para pemain gitar seperti kita. Hahaha, narsis… Dengan alat ini, seorang gitaris tidak perlu bersusah payah menstem gitarnya saat bermain, karena tuntunan dan tampilannya sudah serba elektronik dan digital. Banyak produsen pembuat tuner seperti Boss, Korg, Zoom, dan yang lainnya bersaing mengeluarkan produk tuner yang sangat akurat. Umumnya, pengoperasiannya didukung dengan power dan baterai 9 volt didalamnya, atau dengan menggunakan adaptor arus listrik DC 9 volt.

Cara Praktis Stem Gitar
Namun, ada satu hal yang perlu diperhatikan, janganlah memakai baterai yang sudah lemah. Sebab, kondisi tersebut akan mempengaruhi peak pada tuner dan akan kepresisian-nya akan berkurang. Untuk penggunaannya, pasang jek kabel gitar menuju lubang input tuner dan kemudian stel knob tuner ke nada E senar 1. Volume gitar dibuka penuh, lalu petik sekali pada senar tersebut, stem hingga jarum atau lampu indikatornya menunjukkan pas di angka “440″. Pastikan posisinya harus tepat, kemudian seterusnya dilanjutkan samapi senar 6.

Jika kita belum mempunyai tuner, kita juga bisa mencoba dengan alternatif lain. Misalnya, dengan menyamakan steman gitar kita dengan alat instrumen lain seperti piano, keyboard, biola, atau harmonika. Namun, pastikan dulu instrumen tersebut sudah diset dalam steman yang sudah standar.

Menyetem Dengan Persamaan Senar.
Ada satu lagi cara stem yang paling mudah dan murah meriah. Yaitu, melakukannya sendiri dengan menyamakan bunyi senar-senar pada fretboard atau dengang feeling pendengaran. Caranya, stem senar 1 lepas (open string) “E” dengan menyamakan dengan senar 2 fret ke lima. Petik keduanya secara bersamaan! Suara kedua senarnya harus sama! Lalu, stem senar 2 (open string) “B” dengan senar 3 fret ke empat. Untuk senar ke 3 dan seterusnya, ulangi langkah pada senar ke 1!

About these ads
  1. #1 by Triks Bisnis on 11 January, 2013 - 6:50 pm

    Wah, makasih banget atas artikel dan sharing ilmunya, sangat bermanfaat bagi saya. Saya tunggu posting bagus berikutnya, sekali lagi terima kasih atas sharing ilmunya, salam sukses

  2. #2 by Rara on 1 July, 2012 - 4:40 pm

    trimakasih ssangat bermanfaat bagi gue!

  3. #3 by arii on 18 June, 2012 - 12:42 am

    mkasii atas info nya ,. bermanfaat bangeut,..buat ku ,.

  4. #4 by sasuke on 11 April, 2012 - 9:17 am

    fret tu apa gan

  5. #5 by Ras Akiardayim on 5 March, 2012 - 8:30 pm

    susah memang ,kalau beli tuner di mana ya

  6. #6 by Ilham ready on 30 December, 2011 - 7:06 pm

    Susah bangat main gitar..!

  7. #7 by Bakul angkringan on 13 December, 2011 - 12:43 pm

    thanks monggo mampir di warung saya

  8. #8 by partitur musik klasik on 19 October, 2011 - 1:09 am

    infonya sangat membantu..
    mksh gan

  9. #9 by amunisi on 13 October, 2011 - 5:40 pm

    makasi ya atas treck ya.. aku jadi tau ya meskipun masih kurang faham.. tapi akan aku coba dan trus berusaha…….

    • #11 by San on 4 July, 2012 - 7:51 pm

      Bgung ni pake tuner ? Masa udah di steam smua nya masih fals ya ?

  1. Cara Memperbaiki Gitar | Caramanfaat.net

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 214 other followers

%d bloggers like this: