Idiom / Ungkapan dan Peribahasa dalam Bahasa Indonesia


1. Idiom
Idiom atau disebut juga dengan ungkapan adalah gabungan kata yang membentuk arti baru di mana tidak berhubungan dengan kata pembentuk dasarnya. Berikut ini adalah beberapa contoh idiom dengan artinya :

- cuci mata = cari hiburan dengan melihat sesuatu yang indah
– kambing hitam = orang yang menjadi pelimpahan suatu kesalahan yang tidak dilakukannya
– jago merah = api dalam kebakaran
– kupu-kupu malam = wanita penghibur atau pelacur komersial
– ringan tangan = kasar atau suka melakukan tindak kekerasan
– hidung belang = pria yang merupakan pelanggan psk atau pekerja seks komersil

2. Peribahasa
Peri bahasa adalah suatu kiasan bahasa yang berupa kalimat atau kelompok kata yang bersifat padat, ringkas dan berisi tentang norma, nilai, nasihat, perbandingan, perumpamaan, prinsip dan aturan tingkah laku. Berikut ini adalah beberapa contoh peribahasa dengan artinya :

- Di mana bumi dipijak di sana langit di junjung
artinya : jika kita pergi ke tempat lain kita harus menyesuaikan, menghormati dan toleransi dengan budaya setempat.
– Tiada rotan akar pun jadi
artinya : tidak ada yang bagus pun yang jelek juga tidak apa-apa.
– Buah yang manis biasanya berulat
artinya : kata-kata yang manis biasanya dapat menyesatkan atau menjerumuskan.
– Tak ada gading yang tak akan retak
artinya : Tidak ada satu pun yang sempurna, semua pasti akan ada saja cacatnya

About these ads
  1. #1 by bella on 3 May, 2011 - 8:20 pm

    tolong kasih contoh idiom menurut bagiannya dong. kaya misalnya, idiom yang menggunakan bagian tumbuhan,nama binatang, dll. thanks

  2. #2 by Zoel on 17 February, 2011 - 10:37 am

    ciri-cirinya jg donx. . . ada tugasnie. . .ama contoh yang lainnya bersama kalimatnya. . .

  3. #3 by udur on 13 February, 2011 - 2:42 pm

    peribahasa na ntu doank???????????
    tambahin donk!!!!!!!!!!!!!
    klw bs ciri-ciri na juga ea!!!!

    ad tugas ne….

  4. #4 by Faisal on 8 February, 2011 - 7:59 pm

    Idiomnya Tambahin donkzzz

  5. #5 by Risa on 4 October, 2010 - 7:34 pm

    heleeeegh…
    dkit x idiom na…
    lum slsai new pr akk… :(

  6. #7 by rian on 5 August, 2010 - 8:15 am

    kalo ad ce yg aq percaya trz dbalik it smw dy ngehianatin gw, gw ngsh pribahasa ap y k dy??? Some body help me

  7. #8 by Amalia Rizkiana on 26 July, 2010 - 7:39 pm

    perbedaan.nya peribahasa dan ungkapan / idiom itu apa , yah ?

  8. #9 by Andy on 1 July, 2010 - 9:19 pm

    Kalo mau tau .asal usul ,pembagian,serta jenis peribahasa gimana ya?bole kasi linknya bro?tks

  9. #10 by edy junaedi on 10 May, 2010 - 1:46 am

    pucuk di cinta ulam pun tiba,,

  10. #11 by edy junaedi on 10 May, 2010 - 1:44 am

    tw ga seh klo pngen chatting tuh gmna??

    • #12 by eritristiyanto on 11 May, 2010 - 11:23 am

      banyak penyedia chatiing yang bisa dipakai..slaah satunya pake YM..anda harus punya account yahoodulu sebelum memakai YM, daftaremail diyahoo trus pake id anda untuk chatting

  1. cepat
  2. Elektrik
  3. Cost-free Software package, Free Downloads, Obtain, Programs, Utilites, Broke, Hacked, Nulled, Designs, Software program, Templates, Freeware, Guide, Lucrative, Black Hat, SEARCH ENGINE OPTIMISATION Resources, Internet website marketing
  4. healthy beverages
1 2 3 5

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 214 other followers

%d bloggers like this: