Printer Tidak Bekerja?


Dalam penanganan masalah printer mungkin merupakan sebuah masalah yang penting. Dimana printer merupakan sebuah peralatan yang penting untuk mencetak dokumen agar dapat dikirim atau dibaca orang lain, atau juga membuat formulir isian. Untuk melacak masalah kerusakan printer bisa sesuatu yang sederhana untuk melacak seperti kabel yang longgar atau hanya kehabisan tinta, Artikel ini melihat pada beberapa daerah yang perlu kita perhatikan bila ada teriakan … “Aku tidak dapat mencetak”!

A. Mengenai printer itu sendiri:

Baca buku petunjuk Printer tersebut
Pertama, menemukan dan membaca manual yang disertakan bersama printer. Jika Anda tidak dapat menemukannya maka Anda mungkin dapat men-download file Acrobat pdf manual dari website produsen. Hal ini bisa menghemat banyak waktu!

Mengaktifkan Printer

Pastikan printer sudah dihidupkan. Apakah ada lampu berkedip-kedip yang dapat menunjukkan adanya masalah? Bisakah Anda memperbaiki masalah tersebut dengan mematikan printer dan menghidupkannya kembali? Apakah ada pengaturan yang telah diubah – baca manual sebelum mengubahnya.

Beberapa hal yang penting pada masalah Printer

  1. Jika Printer telah dihidupkan tetapi lampu power printer tidak menyala, periksa power supply printer, kemungkinan trafo atau komponen lain pada power supply rusak.
  2. Bila setelah printer dihidupkan lampu power berkedip, periksa apakah ada kertas yang menyangkut pada drum printer sehingga menimbulkan kemacetan printer.
  3. Periksa kertas dupleks yang berfungsi untuk membersihkan cartridge, apakah sudah penuh dengan tinta, bila sudah penuh maka tinta yang beku pada kertas dupleks tersebut akan merusak head printer tersebut.
  4. Bila kertas anda sangkut pada saat mengeprint, jangan ditarik paksa, cobalah menarik dengan pelan dan lembut, bila anda menarik dengan paksa maka drum printer dapat menjadi kendur sehingga mengakibatkan printer tidak dapat mengambil kertas print lagi.
  5. Jika kualitas print anda buruk, periksa apakah tinta anda sudah habis atau belum, sebagian printer memiliki software untuk menampilkan keadaan tinta pada cartridge.
  6. Bila ternyata cartridge anda tintanya masih ada tapi tidak dapat mengeprint dengan baik, lakukan pembersihan haed printer dengan cara melakukan clean cardtridge dari software bawaan printer anda tersebut.

Pemeriksaan Secara Manual

Kebanyakan printer memiliki “self-test” fasilitas diagnostik yang dapat dimulai dengan menekan tombol utama pada printer – periksa atau baca pada buku manual printer.
Apakah printer membuat suara-suara yang aneh? Hal ini bisa menunjukkan adanya kegagalan mekanis dan harus di lakukan perbaikan ke tempat spesialis perbaikan printer.
Selain itu kemungkinan lain yang membuat printer anda tidak bekerja mungkin kabel power printer anda tidak baik, coba periksa dengan mengganti kabelnya

B. Pada Komputer

Setelah kondisi Printer di cek, apakah masih ada masalah? Maka coba untuk memeriksa software (artikel ini mengacu ke Windows XP Pro sistem operasi tetapi versi Windows sebelumnya memiliki sifat yang serupa).

Periksa Daftar dokumen yang diprint

Jika sebuah dokumen telah anda print “terjebak” dalam dalam daftar antrian maka Anda mungkin akan melihat ikon printer pada system tray di ujung kanan taskbar. Jika demikian, klik untuk melihat status printer dan pelaksanaan pekerjaan saat ini akan ditampilkan. Hapus (Delete) daftar dokumen yang anda print dari daftar dokumen yang anda print dan coba mengeprint dokumen tersebut lagi.

Periksa Printer Properties

  1. Jika printer anda mencetak karakter aneh kemungkinan pada PC ada kesalahan,  printer atau driver tidak benar. Bahkan perbedaan pada nomor model bisa membuat semua perbedaan – jika Anda memiliki HP DeskJet 640C kemudian pastikan printer diinstal dengan model 640C nukan driver 650C.
  2. Jika Anda memiliki lebih dari satu printer yang diinstal pada PC pastikan bahwa aplikasi (misalnya Word) memilih printer yang benar – klik pada File> Print, kemudian centang kotak Nama. pilih printer dengan menggunakan daftar drop-down.
  3. Bila tidak ada daftar printer pada pilihan,  Buka properti printer dengan klik Start> Settings> Printer dan faks. Printer harus terdaftar di sana. Jika printer tersebut yang biasa Anda gunakan anda harus ditandai dengan tanda tanda default. Klik kanan dan klik  “Default Printer”.
  4. Klik kanan pada nama printer dan pilih Properties. Cobalah mencetak halaman pengujian – klik tombol “Cetak halaman pengujian” tombol. Periksa semua properti, Anda dapat melihat – apakah telah terpasang ke port yang benar? Printer modern memiliki paralel port atau koneksi port USB. Pastikan port yang ditunjukkan adalah benar (paralel kabel memiliki berbagai konektor, USB yang terhubung pada port USB). Jika hubungan paralel port maka biasanya di seting pada LPT1.
  5. Pilih kertas yang anda pakai, bila pada printer setting kertas A4 sementara anda menggunakan kertas Legal atau Letter, kemungkinan anda tidak dapat mengeprint, atau kertas anda akan nyangkut pada drum printer.
  6. Jika printer tidak terdaftar kemudian mencoba untuk menginstalnya kembali – klik “Add New Printer” dan ikuti petunjuk. Anda mungkin memerlukan disk instalasi yang disertakan bersama printer. Jika Windows tidak dapat menemukan driver yang cocok (perangkat lunak komputer yang berhubungan dengan printer) maka Anda biasanya mencarinya di situs produsen – lihat halaman dukungan mereka atau sebaliknya driver atau download.

Link di bawah ini akan menuntun Anda ke Situs produsen printer yang paling umum dan ada juga beberapa sumber untuk pemecahan masalah printer yang lain.

Web Sumber Masalah Printer

About these ads
  1. #1 by Cara Memutihkan Wajah on 20 May, 2014 - 11:46 pm

    Very nice blog post. I certainly appreciate this website. Keep
    writing!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 214 other followers

%d bloggers like this: